Subscribe:
Get This Gadget

wibiya widget

Senin, 09 April 2012

Pemanfaatan IT Dalam Dunia Pendidikan


Di dalam dunia pendidikan saat ini memang kita akui sudah tidak jauh lagi dengan namanya "IT" atau Information Technology, karena pada zaman sekarang ini para pelajar baik sekolah dasar, menengah sampai atas sudah di perkenalkan dengan dunia "IT". Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini khusunya dalam jaringan internet, dapat mengembangkan kreatifitas para pelajar untuk mendapatkan informasi yang lebih baik dalam mencari suatu ilmu pengetahuan di bidang pendidikan.

Penggunaan Teknologi Informasi (IT) dalam kegiatan belajar mengajar seiring perkembangan zaman yang semakin maju dengan teknologinya dapat membuat pertukaran informasi dari individu ke individu lainnya semakin cepat dan mudah, sehingga cara belajar mengajar secara tradisional dalam kegiatan pendidikan yang mengandalkan tatap muka antara guru dan murid akan menghasilkan pendidikan yang sangat lambat, jika harus mengikuti perkembangan zaman.

Sistem pengajaran tradisional ini seharusnya sudah ditinggalkan sejak ditemukannya media komunikasi seperti multi media. Karena sifat internet yang dapat menghubungkan antara individu dengan individu lainnya secara cepat tanpa ada batasan waktu, artinya siswa dapat memanfaatkan program-prgram pendidikan yang disediakan lewat jaringan Internet kapan saja sesuai dengan waktu luang mereka, sehingga kendala yang mereka hadapi untuk mencari sumber belajar dapat di atasi dengan mencari sumber - sumber pengajaran yang telah di sediakan di internet.

Sudah selayaknya lembaga-lembaga pendidikan yang ada sekarang segera memperkenalkan dan memulai penggunaan teknologi informasi sebagai basis dalam proses kegiatan belajar mengajar yang lebih mutakhir. Hal ini sangat penting mengingat penggunaan IT dalam dunia pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang memungkinkan para guru dalam memberi ilmu pengetahuan kepada para pelaja dengan lebih akurat, dan para pelajar pun dapat dengan mudah menyerap ilmu yang di sampaikan oleh para guru.

Adapun manfaat IT bagi bidang pendidikan yang lain adalah :
  • Mencari sumber ilmu pengetahuan dengan mudah
  • Akses ke berbagai pakar / ilmuan dunia
  • Melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online
  • Adanya layanan informasi untuk akademik suatu institusi pendidikan
  • Adanya mesin pencari untuk mempermudah dalam mencari informasi
  • Adanya forum diskusi untuk tanya jawab seputar pendidikan
  • Mempermudah dalam bertukar pendapat antar pelajar
  • Dapat dengan mudah bertukar informasi dari jarak jauh
Dengan adanya teknologi informasi, di harapkan para pelajar dapat menumbuhkan rasa keingintahuan dalam hal mencari ilmu pengetahuan. Dan banyaknya teknologi informasi saat ini para pelajar sekarang harus lebih mendapatkan banyak prestasi daripada kaum pelajar terdahulu yang belum banyak mengenal tentang teknologi.