Subscribe:
Get This Gadget

wibiya widget

Minggu, 08 April 2012

Peranan IT Dalam Dunia Pendidikan


Peranan teknologi informasi dalam dunia pendidikan saat ini dinilai sangat penting bagi seluruh kalangan pelajar. Seperti yang kita ketahui dalam dunia pendidikan indonesia sudah mulai menggunakan teknologi informasi sebagai media pembelajaran, sekarang komputer sudah di perkenalkan dan di gunakan di hampir setiap sekolah dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Bahkan untuk kota-kota besar komputer sudah di perkenalkan sejak anak mulai masuk taman kanak-kanak untuk memperkenalkan anak didik tentang teknologi sejak usia dini.

Dalam kegiatan pembelajaran, teknologi informasi digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar. Teknologi informasi sekarang penggunaannya pun sudah masuk kedalam kurikulum pendidikan yang harus dimengerti dan dipraktekan oleh semua kalangan pelajar. Alasan mengapa teknologi informasi digunakan sebagai alat bantu belajar mengajar karna kemampuannya berkomunikasi antar pelajar lebih efektif dan efisien baik didalam maupun diluar kelas, tanpa ada batasan ruang dan waktu.

Teknologi Informasi merupakan sumber dari semua ilmu pengetahuan. Hal ini terjadi karena komputer telah menjadi sumber informasi yang mampu menampung semua informasi yang diberikan oleh pengguna dari seluruh belahan dunia.Di indonesia pun untuk mengatasi permasalahan rendahnya kualitas dan efeksifitas pendidikan, salah satu alternatif yang dapat di lakukan yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar.

Kenapa teknologi informasi di pilih sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan kualitas pendidikan di indonesia ? Hal ini di dasarkan  pada fakta yang terjadi di negara - negara maju bahwa pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan terbukti mampu menunjang peningkatan kualitas pendidikan. Fakta di atas menunjukkan bahwa teknologi informasi yang di wakili oleh komputer yang kemudian terhubung dengan jaringan internet sebagai media utamanya telah mampu memberikan konstribusi yang begitu besar bagi proses pendidikan para pelajar.

 Teknologi yang semakin interaktif ini di harapkan akan terjadinya perubahan mendasar terhadap kegiatan belajar mengajar, dan dapat merubah aktivitas pelajar yang pasif menjadi pelajar yang lebih aktif dan mandiri dalam mencari lmu pengetahuan.Oleh karna itu, sebaiknya setiap sistem pendidikan harus bersifat terbuka terbuka terhadap teknologi sehingga dapat meningkatakn kemampuan para pelajar di bidang pendidikan dengan lebih cerdas. Dengan demikian teknologi informasi merupakan salah satu kunci untuk mencerdasakan para pelajar dengan masa depan yang lebih baik.